Journal article
STUDI KUALITAS PELAYANAN LISTRIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT PLN (PERSERO) RAYON TABANAN
I Putu Supardiasa ANAK AGUNG GEDE MAHARTA PEMAYUN I WAYAN RINAS
Volume : 4 Nomor : 2 Published : 2017, December
E-Journal SPEKTRUM
Abstrak
Tingkat kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh PLN menjadi prioritas utama yang wajib didapatkan oleh pelanggan. Tujuan yan ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan listrik terhadap kepuasan pelanggan PT PLN (Persero) Rayon Tabanan. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden dengan menggunakan metode non random sampling dalam pemilihan sampel. Penelitian menggunakan olah data statistik dan observasi. Olah data statistik adalah hasil dari penilaian responden pada importance performance analysis, uji validitas dan diagram kartesius. Observasi adalah pengamatan langsung dalam penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan listrik Rayon Tabanan merasa puas terhadap kualitas pelayanan listrik PT PLN (Persero) Rayon Tabanan karena penilaian responden pada kontinuitas listrik di tingkat yang dirasakan sudah sesuai dengan yang diharapkan pelanggan dengan perhitungan SPSS sebesar 4,59% dan untuk nilai yang terendah 3,49% yaitu kecepatan pelayanan permohonan PB/PD/PS.